Pengalaman Satu Tahun jadi Blogger

Tak terasa ternyata Blog yang saya buat "BERBISNIS DAN BERBAGI" sudah berumur 1 Tahun. Sebenarnya usia satu tahun ini jatuhnya kemarin tepatnya pada tanggal 5 Januari, Akan tetapi karena ada kesibukan pekerjaan jadi saya baru bisa menuliskannya hari ini. Satu tahun memang umur yang masih sangat muda (Pemula), tapi saya tidak menyangka ternyata saya sudah menjadi penulis selama satu tahun. Pada kesempatan kali ini, dan juga masih dalam moment satu tahunnya Blog "BERBISNIS DAN BERBAGI", saya akan berbagi pengalaman satu tahun menjadi penulis blog atau yang biasa disebut blogger.


Saya tidak menyangka kalo saya bisa menjadi seorang penulis dan membuat blog sendiri. Dasar pendidikan saya adalah seorang Akuntan yang tidak mengerti sama sekali soal dunia IT. Awalnya saya tidak tau apa itu HTML, SEO, Template, dan bahasa-bahasa blogger lainnya. Tapi karena keinginan yang kuat dan juga rasa penasaran yang tinggi akhirnya saya bisa pelajari sedikit demi sedikit dan akhirnya jadilah blog "BERBISNIS DAN BERBAGI". Bisa dikatakan, blog ini murni saya buat sendiri tanpa campur tangan orang lain secara langsung. Hanya dengan bantuan artikel-artikel tentang cara membuat blog yang ada di Google sajalah, saya mulai mencobanya dan menerapkan langsung di blog ini.

Awalnya saya adalah seorang anggota Kaskus yang kerjaannya hanya membaca artikel-artikel orang lain yang dibagikan lalu memberi "cendol" atau melempar "bata". Mungkin sudah ribuan artikel yang saya baca hingga saat ini. Dari sinilah saya mempunyai keinginan baru dan juga ide, kenapa saya hanya berperan sebagai pembaca artikel orang lain saja? Kenapa saya tidak mencoba menjadi seorang penulis yang bisa membuat artikel dan membagikan kepada orang lain? Kemudian saya coba cari informasi di google dan akhirnya saya mengambil keputusan mencoba membuat blog sendiri dan menjadi penulis. Kenapa saya pilih menulis di blog ketimbang menulis artikel di kaskus? Jujur saja,karena ternyata banyak tulisan yang menyatakan bahwa membuat blog bisa menghasilkan uang sampingan. 


Dimulai pada tanggal 5 Januari 2015, saya mulai membuat ide saya menjadi nyata. Dengan banyak membaca artikel tentang cara membuat blog, saya mulai mendesign blog saya sendiri. Saya tidak langsung fokus membuat artikel pada waktu itu, karena masih bingung dengan tema apa yang akan saya buat di blog tersebut. Saya lebih fokus kepada design-design blog yang menarik. Oleh karenanya saya lebih banyak membaca artikel tentang cara mendesign blog agar tampil rapih. Memang ada beberapa artikel yang pernah saya coba tulis di awal pembuatan blog ini dan belum dipublikasikan. Akan tetapi, saya merasa artikel ini tidak menarik dan tidak sesuai dengan tema blog yang ingin saya buat. Mungkin ada 3 artikel yang pernah saya buat di awal pembuatan blog ini yang saya hapus karena tidak sesuai dengan tema yang saya mau.

Akhirnya saya mengambil keputusan untuk mengambil tema bisnis dan cerita unik untuk blog saya. Mungkin tema blog ini tidak fokus pada satu bidang, tapi kedua bidang inilah yang paling menarik bagi saya. Setelah memilih tema, baru saya mulai mengisi blog ini dengan artikel-artikel yang terkait. Artikel pertama yang saya buat dan juga pertama di publikasikan adalah "Cara Mendaftar Whaff Reward" karena kebetulan juga saya membutuhkan tambahan diamond buat game android Boombeach saya. 

Hingga sekarang blog ini mempunyai 2 orang penulis. Setelah beberapa bulan dibangun, ada teman saya bernama Emmy yang mau menjadi pengurus dan penulis di blog ini. Memang baru sedikit artikel yang di buatnya. Tetapi dengan adanya penulis tambahan ini, artikel yang bisa dibagikan menjadi lebih banyak dan bervariasi.

Mungkin banyak blogger senior yang sudah menjadi terkenal dan juga menghasilkan uang banyak dari blog yang mereka buat. Kami tidak terlalu mengejar hal itu. Tujuan utama kami dengan blog ini hanyalah sebagai tempat menuangkan kreatifitas yang kami punya dan berbagi dengan para pembaca. Tujuan lainnya yaitu iseng-iseng coba cari uang tambahan. Beruntung Google adsense udah bisa nampang di blog ini, sehingga pelan-pelan kami sudah bisa merasakan hasilnya. 

Sekian dulu artikel sharing dari saya, Terimakasih anda sudah meluangkan waktu untuk membacanya.

Voyaro

Hanya seorang penulis biasa yang ingin berbagi cerita dan informasi dengan semua orang

5 Komentar

  1. Sudah memasuki tahun 2016., semangat terus ngeblog-nya gan. :D

    ~keep blogging...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Ardy dukukungannya. Happy Blogging

      Hapus
  2. Selamat ya mas ....keep writing mas...

    BalasHapus
  3. Baru baca mas, tulisan 5 tahunan yang lalu :)

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama